Friday, September 30, 2016

Hepatitis

Selamat beraktivitas, sukses selalu buat anda !

Jurnalis, mari kita telisik sejenak tentang Hepatitis yang merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bisa menyebabkan kematian jika dibiarkan terus menerus.
Dalam masayarakat umum hepatitis dikenal dengan penyakit hati, biasa disebut dengan liver, penyakit kuning dan masih banyak lagi istilah di masyarakat.



Hepatitis sebenarnya ada 9 jenis, yakni Hepatitis A, B, C, D, E, F, G, H, dan X. dari ke sembilan jenis ini hanya ada 4 yang ada di Indonesia, yakni hepatitis A, B, C, dan E

Hasil dari sosialisasi yang dilaksanakan di RS. Pendidikan Unhas, saya bisa simpulkan bahwa ada 2 jenis hepatitis yang sulit disembuhkan yaitu hepatitis B dan C, dengan cara penularan yang mirip dengan penularan HIV dan AIDS.
 
Hepatitis A biasanya ditularkan melalui air yang telah terkontaminasi virus HAV, melalui makanan yang disajikan oleh orang yang menderita Hepatitis tanpa mencuci tangannya dengan bersih, terlebih jika telah membuang kotoran atau buang air besar. Cara pencegahannya melalui vaksinasi, dan hindari kontak langsung pada penderita yang berisiko menularkan penyakit hepatitis.

Hepatitis B dan C ditularkan melalui darah sehingga untuk mencegahnya sebaiknya tidak terjadi kontak darah yang bisa menularkan penyakit ini, misalnya saja melalui hubungan seks dengan penderita, melalui sikat gigi, alat cukur, pengguna jarum suntik, alat tatto yang menggunakan jarum, tindik telinga, lidah, transfusi darah dan dari ibu ke anaknya.

0 komentar: